-->
Tips Trik Mengerjakan Ujian CAT CPNS
Tips Trik Mengerjakan Ujian CAT CPNS

Tips Trik Mengerjakan Ujian CAT CPNS

Tahun 2017 ini para pencari kerja dihebohkan dengan pembukaan tes CPNS lebih dari 60 Instansi. Jutaan pelamar mengikuti seleksi administrasi, namun banyak juga yang gagal pada tahap pertama.

Computer Assisted Test atau kita kenal dengan tes CAT merupakan tes yang dilalui para pejuang CPNS. tes ini terbagi menjadi 3 bidang , yaitu Tes wawasan Kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes Kepribadian.

Baca juga :
Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP

A. Tes wawasan Kebangsaan

pada bagian ini kita akan dihadapkan dengan soal soal PKN dan Sejarah. tes ini merupakan tes yang sulit dilalui walaupun passing grade TWK ini paling rendah yaitu 75. kita cukup menjawab benar 15 dari 30 pertanyaan dengan benar untuk bisa lolos passing grade. namun lolos passing grade saja tidak cukup untuk mengikuti tahap berikutnya, kita harus mendapatkan nilai setinggi mungking.

tidak ada trik istimewa untuk melewati tes wawasan kebangsaan ini. kuncinya adalah membaca dan memperluas pengetahuan kita.

tidak ada nilai minus atau pengurangan nilai pada TWK ini, jadi kita tidak boleh melewatkan satu pertanyaan pun. walaupun tidak tahu jawaban, kita bisa untung untungan menebak, berharap jawaban kita benar.

perbanyak membaca kisi-kisi soal tes CPNS, anda juga bisa membeli buku yang tersedia di berbagai toko buku.

B. Tes Intelegensia Umum

Tes ini merupakan tes pengetahuan umum kita, terdiri dari tes bahasa indonesia, deret aritmatika, logika, gambar, deret huruf, dan hitung-hitungan.

disarankan untuk melewati terlebih dahulu soal yang menyuruh kita untuk mencari pernyataan benar atau salah, mencari tajuk wacana, mencari ide paragraf. karena memakan banyak waktu.

kita harus pandai memanajemen waktu kita disini. untuk soal deret angka, dan deret huruf cara terbaik dan tercepat untuk mengerjakan nya adalah dengan membuat alfabet yang terdiri dari 5 huruf di kertas buram. anda akan dengan cepat menemukan pola nya.

untuk deret angka, penjumlahan, pengalian, pembagian, akar, kuadrat. anda harus mencoba satu-satu.

setelah selesai dengan pertanyaan tersebut, kita baru mengerjakan soal bahasa indonesia tadi. sekali lagi, tidak ada nilai minus dalam tes ini, jadi jangan sampai ada jawaban kosong.

C. Tes Kepribadian

Pada tes ini sistem penilaian sedikit berbeda. tidak ada jawaban salah, namun poin jawaban memiliki nilai 1 sampai 5. anda tidak harus menjadi orang munafik disini, jika anda menjawab semua pertanyaan dengan jawaban yang menurut anda akan membuat anda menjadi orang baik dan mendapatkan nilai tinggi, anda salah besar. anda harus menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks nya.
misalnya konteks integritas. pilihlah jawaban yang paling tepat untuk menunjukan integritas anda dalam bekerja .

Tes kepribadian ini merupakan pendongkrak nilai, karena bisa dibilang tes ini paling mudah. jika anda bisa mendapat nilai 160 keatas , itu akan sangat membantu posisi anda dalam perangkingan.
Advertisement

Baca juga:

Admin
assalamualaikum :), hii.. Disini Saya hanya sekedar memberikan informasi mengenai islami melalui ketikan ini.