-->
Materi Soal SKB Sipir Kemenkumham SLTA
Materi Soal SKB Sipir Kemenkumham SLTA

Materi Soal SKB Sipir Kemenkumham SLTA

Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar untuk tingkat SMA dan D3 telah dirilis 4 oktober lalu oleh pihak Kemenkumham. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lolos berhak mengikuti SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Berdasarkan Pengumuman dan infografis dari  twitter kemenkumham, CPNS tingkat SMA formasi Penjaga Tahanan / Sipir akan mengikuti :

  • SKB Kesamaptaan
  • SKB Pengamatan Fisik Keterampilan
Untuk Materi dan info mengenai SKB Kesamaptaan, teman-teman bisa baca disini
Selain itu kita juga harus memiliki pengetahuan mengenai Kementrian Hukum dan HAM / Kemenkumham.
Materi Soal Sipir Kemenkumham SLTA :
  • Lembaga Pemasyarakatan (disingkat Lapas) adalah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Sebelum dikenal istilah lapas di Indonesia, tempat tersebut disebut dengan istilah penjara.
  • Sipir merupakan seseorang yang diberikan tugas dengan tanggung jawab pengawasan, keamanan, dan keselamatan narapidana di penjara.
  • Rumah Tahanan Negara (disingkat Rutan) adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan di Indonesia.
  • Nusakambangan adalah sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat terletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) berkeamanan tinggi di Indonesia. Meskipun secara geografis berdekatan dengan wilayah Kabupaten Cilacap, pulau ini tidak masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Cilacap, tetapi dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM dan tercatat dalam daftar pulau terluar Indonesia.
  • Tersangka, dalam hukum, adalah orang yang – baik yang dikenal maupun tidak – dicurigai melakukan tindak kriminal
  • Premanisme (berasal dari kata bahasa Belanda vrijman = orang bebas, merdeka dan isme = aliran)[butuh rujukan] adalah sebutan pejoratif yang sering digunakan untuk merujuk kepada kegiatan sekelompok orang yang mendapatkan penghasilannya terutama dari pemerasan kelompok masyarakat lain.
  • Bukti pelanggaran disingkat tilang adalah denda yang dikenakan oleh Polisi kepada pengguna jalan yang melanggar peraturan.
  • Buronan menurut kamus Bahasa Indonesia adalah orang yang sedang dikejar (target) polisi atau orang yang melarikan diri dari penjara, berasal dari kata sifat buron yang berarti sedang dalam pengejaran polisi atau dalam pelarian.
  • Penggelapan merupakan suatu tindakan tidak jujur dengan menyembunyikan barang/harta orang lain oleh satu orang atau lebih tanpa sepengetahuan pemilik barang dengan tujuan untuk mengalih-milik (pencurian), menguasai, atau digunakan untuk tujuan lain.
  • Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.
Download Materi PDF:
Link : PDF Kemenkumham 


Advertisement

Baca juga:

Admin
assalamualaikum :), hii.. Disini Saya hanya sekedar memberikan informasi mengenai islami melalui ketikan ini.